Rabu, 24 Desember 2014

Metode Promosi Aqua

Aqua memanfaatkan media dengan baik, banyak kita lihat di televisi bahwa aqua mendesain iklan dengan cukup menarik dan inovatif. Dengan “jinggel” dan “tagline” tertentu membuktikan bahwa produk ini dapat dengan mudah diingat konsumen tanpa harus mengetahui produknya. Tagline aqua pun dari waktu ke waktu selalu berubah, hal ini dimaksudkan agar konsumen tidak merasa bosan dengan kemasan iklan yang begitu-begitu saja. Salah satu contoh tagline aqua adalah, “Kebaikan Alam Kebaikan Hidup” memberikan gambaran tentang betapa sangat selektifnya aqua untuk mendapatkan sumber air terbaik karena kami ingin selalu menyajikan yang terbaik dari alam untuk kebaikan hidup dalam setiap tetes aqua.
Dalam aktivasi terlihat jelas bahwa Aqua kembali menggenjot aktivitas Below-The-Linenya untuk melakukan pendekatan Brand tidak hanya kepada masyarakat umum, tetapi kepada keluarga yang berfokus pada anak-anak. Kenapa anak-anak? Mereka kan tidak punya buying power yang besar? Justru itu, Aqua ingin membentuk future market. Sehingga pendekatan consumer education dengan konsep edutainment-lah yang dipilih.
Aqua melakukan berbagai promosi baik melalui media online, media cetak maupun saluran komunikasi lainnya. Seperti kita ketahui bahwa banyak sekali iklan produk dengan merek Aqua yang mengisi setiap iklan di televisi, radio maupun di media cetak. Inilah salah satu strategi pemasaran Aqua yang dijalankan.

Aqua juga mensponsori beberapa bidang olahraga dan lainnya untuk mendongkrak popularitas merek ini agar lebih dikenal masyarakat luas.Kemudian Aqua mengeluarkan kampanye 1 liter untuk 10 liter untuk menguatkan brand Aqua yang peduli terhadap masyarakat. Dilanjutkan dengan kampanye pemiliharan lingkungan dan penelitian terhadapap air yang Aqua gunakan.

Setelah kegiatan promosi yang hanya menggunakan media konvensional seperti TV, Billboard, dan koran, Aqua mengeluarkan promosi dalam bentuk website yang bersifat interaktif. Nama programnya adalah Aqua it’s in me.

Walaupun, media perkenalan iklan untuk program ini adalah iklan TV, media internet menjadi media utama untuk menguatkan brand Aqua di kepala para konsumennya. Aqua memberikan pengalaman kepada pengunjung websitenya untuk merasakan sensani berjalan-jalan di sebuah kota yang sehat.
Pemberian pengalaman ini kepada para konsumen ini bertujuan untuk mengingatkan konsumen tentang manfaat meminum Aqua. Dalam hal ini memasuki tahap reminding produk ini sudah masuk pada fase maturity. Aqua menggunakan metode yang disebut Brand Activation.Brand Activation adalah suatu cara yang memberikan pengalaman kepada konsumen untuk menguatkan suatu brand atau memberikan suatu citra suatu produk. Selain itu, brand activation bukan hanya alat promosi namun juga suatu metode yang untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas produk.
Penggunaan metode Brand Activation pada produk Aqua untuk mem-branding produk dan menggaet konsumen baru yang berusia lebih muda dan mengetahui teknologi informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar