Selasa, 23 Desember 2014

Segmentasi Pasar

SEGMENTASI
Segmentation adalah upaya memetakan atau pasar dengan memilah-milahkan konsumen sesuai persamaan di antara mereka. Pemilahan ini bisa berdasarkan usia,
 tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup, atau bagaimana cara mereka mengkonsumsi produk.
 Variabel utama segmentasi adalah: Segmentasi Geografis, Segmentasi Demografis, dan
 Segmentasi Psikografis.

» Segmentasi Geografis
Pada segmentasi geografis ini produk PT. Aqua Golden Missisipi terdapat di berbagai tempat di Indonesia. Kita dapat menjumpai produk PT. Aqua Golden Missisipi tidak hanya di perkotaan tetapi juga di pinggiran kota bahkan produk PT. Aqua Golden Missisipi sudah sampai di  pedasaan. Produk PT.
Aqua Golden Missisipi ini dapat dinikmati tidak hanya pada saat musim kemarau namun juga pada
saat musim penghujan. Jadi produk PT. Aqua Golden Missisipi ini selalu ada pada setiap musim.

» Segmentasi Demografis
Pada segmentasi demografis dapat berupa umur, jenis kelamin, keluarga, pekerjaan, dan
pendapatan. Produk PT. Aqua Golden Missisipi dapat ditujukan untuk semua kalangan,
jenis kelamin, dan usia. Baik wanita maupun pria dapat mengkonsumsi produk PT. Aqua
Golden Missisipi. Setiap kalangan usia juga dapat mengkonsumsi PT. Aqua Golden Missisipi,
kecuali kalangan usia bayi. Produk PT.
Aqua Golden Missisipi memiliki harga yang terjangkau sehingga setiap kelurga dapat
mengkonsumsinya, baik yang berpenghasilan menengah kebawah atau menengah keatas.
Produk PT. Aqua Golden Missisipi ini diproduksi untuk mencakup semua kalangan dan dapat
dikonsumsi oleh siapa
 saja.

» Segmentasi Psikografis
Pada segmentasi psikografis produk PT. Aqua Golden Missisipi ditujukan untuk kalangan kelas
sosial menengah. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi kalangan kelas sosial bawah  untuk
mengkonsumsinya, karena ada beberapa harga kemasan yang masih bisa dijangkau dengan harga
 pasaran Rp. 500,00, Rp 3.000,00, Rp 5.000,00 dan Rp. 12.000,00. Pelajar, Mahasiswa, Karyawan,
PNS, Pengusaha, Buruh dan berbagai jenis pekerjaan lainnya bisa mengonsumsi produk ini.
 PT. Aqua Golden Missisipi juga dapat diperuntukkan bagi orang-orang yang menginginkan gaya hidup yang praktis dan sehat dengan mengkonsumsi air
 mineral yang mudah didapatkan dan dibawa.  

TARGET PASAR AQUA
Target pasar pada produk PT. Aqua Golden Missisipi dapat kita lihat berdasarkan iklan dari produk
 tersebut. Dapat kita lihat bahwa target pasarnya cenderung kepada masyarakat metropolitan yang aktif dan dinamis. Hal ini dapat terlihat dari visual iklannya yang mayoritas menampilkan
 pergerakan waktu, tempat, dan orangorang dari berbagai aktifitas secara cepat. Jika dilihat lebih
jauh lagi, berdasarkan jenis kelamin dan umur, target audience dari iklan ini adalah pria dan wanita dewasa serta keluarga. Dapat dilihat bahwa iklan PT. Aqua Golden Missisipi banyak menonjolkan
 bahwa produk tersebut digunakan dirumah rumah dan dikonsumsi oleh keluarga.
Berdasarkan pendidikan dan pekerjaan, target audiensce-nya adalah orang orang berpendidikan yang level pekerjaannya menengah ke atas.
Begitu juga dari segi lifestyle, target audiencenya adalah masyarakat metropolitan yang aktif,
dinamis, dan memiliki mobilitas yang tinggi dan membutuhkan kepraktisan dalam mengkonsumsi
 minuman yang baik dan sehat untuk tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar